Sudah tahu berapa jumlah gaji UMR Semarang terbaru? Informasi tentang upah minimum regional Semarang adalah wajib, sehingga Anda tahu bahwa Anda memiliki rencana untuk bekerja di sana.

Mungkin saja nilai UMR Semarang ternyata memenuhi harapan Anda dalam hal nominal dibandingkan dengan upah minimum nominal di kota atau kabupaten lain di Jawa Tengah. Seperti upah minimum pada umumnya di berbagai daerah, ukuran UMR Semarang juga berubah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan dalam peraturan.

Sebelumnya, Lifepal telah meninjau ukuran UMR Jakarta dan UMR Bandung. Dua upah minimum, termasuk UMR Semarang, ditetapkan berdasarkan beberapa faktor, seperti kebutuhan hidup layak (KHL), inflasi nasional, dan produk domestik bruto (PDB).

Dengan meninjau semua faktor ini, kepala daerah kemudian mengeluarkan keputusan yang berisi upah minimum yang berlaku di daerahnya. Anda ingin tahu nilai UMR Semarang dan kota-kota lain di Jawa Tengah, seperti Solo dan Purwokerto? Mari cari tahu di ulasan berikut.

Baca juga: Jangan Beri Gaji Tidak Layak! Segini Jumlah Resmi Jabodetabek pada tahun 2019

Tidak lagi disebut UMR Semarang, namanya sekarang UMK Semarang

umr semarang
Lawang Sewu, sebuah bangunan ikonik di kota Semarang. (Shutterstock)

Penamaan UMR Semarang sebenarnya tidak lagi berlaku sejak dikeluarkannya Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor Kep-226 / Men / 2000. Dalam keputusan ini, istilah upah minimum regional (UMR) diubah menjadi provinsi. upah minimum (UMP).

Upah minimum regional (UMR) sebelumnya dibagi menjadi dua, yaitu Level 1 UMR dan Level 2 UMR. Nah, istilah Level 1 UMR yang digunakan untuk merujuk pada upah minimum di suatu provinsi dinamai UMP.

Sedangkan istilah UMR Level 2 yang digunakan untuk merujuk pada upah minimum di suatu kabupaten / kota mengubah namanya menjadi upah minimum kabupaten / kota (UMK). Perlu dicatat, nilai UMK lebih besar dari nilai UMP. Kemudian nilai UMK ditentukan setelah nilai UMP pertama kali ditentukan oleh kepala daerah.

Baca juga: Gaji Lebih Besar di Bandung atau Karawang Ya? Periksa daftar terbaru di bawah ini

Upah minimum diatur berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015

umr semarang
Istana Merdeka Jakarta. (Shutterstock)

Semua keputusan kepala daerah atau gubernur yang berisi ketentuan upah minimum dibuat berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 78 tahun 2015. PP mengatur kebijakan upah, pendapatan yang layak, perlindungan upah, upah minimum, hal-hal yang dapat dihitung dengan upah, hingga denda dan pemotongan upah.

… KLIK UNTUK BACA LEBIH LANJUT →

Pos UMK Semarang Raya atau UMK Kudus? Lihatlah daftar resmi berikut. Itu muncul pertama kali di Lifepal Media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here