Bekerja di luar negeri tentu saja merupakan salah satu pengalaman unik. Karena negara lain memiliki budaya dan sistem kerja yang berbeda dari negara mereka. Ya, salah satunya bekerja di Jepang.

Apakah Anda suka Jepang atau tidak, Anda mungkin pernah mendengar tentang budaya kerja di sana. Meski terlihat ketat, ada beberapa orang yang bahkan suka bekerja di Jepang.

Nah, bagi Anda yang bercita-cita untuk bekerja di Jepang, ada baiknya mempersiapkan terlebih dahulu. Sebab, untuk bekerja di Jepang tidak sesederhana di Indonesia. Anda tidak bisa hanya bergerak seperti itu dan kemudian bekerja di sana. Ada selangkah demi selangkah yang harus Anda lalui.

Baca juga: Inilah 6 Zodiak Pekerja Keras, Yang Mana Anda?

Belajar bahasa Jepang

Kanji Jepang (Shutterstock).

Yang pertama tentu saja Anda perlu belajar bahasa Jepang dan bahkan menguasai bahasa. Anda tidak harus sangat lancar, tetapi Anda harus dapat berbicara dalam urusan bisnis dan sehari-hari.

Asal tahu saja, bahasa Jepang di negara itu sudah termasuk wajib. Kebanyakan orang Jepang tidak lancar berbahasa Inggris. Sudah begitu, banyak menulis di sana menggunakan huruf Jepang, bukan roman.

Sebelum Anda berencana untuk bekerja di sana, ada baiknya mengambil JLPT alias Tes Kemahiran Bahasa Jepang. Tes ini seperti TOEFL untuk bahasa Inggris. Ya, setidaknya Anda harus mencapai level JLPT N2, yang merupakan tingkat pemahaman percakapan atau berita dengan kecepatan normal.

Pahami bagaimana Anda bisa bekerja di Jepang

Pekerja di Jepang (Shutterstock).

Selanjutnya, Anda perlu tahu saluran mana yang bisa menjadi batu loncatan Anda untuk bekerja di Jepang.

Ada beberapa cara yang bisa Anda ambil jika ingin bekerja di tanah sakura. Setidaknya Anda dapat melakukan empat cara berikut:

1. Melamar pekerjaan di perusahaan Jepang di Indonesia

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah melamar pekerjaan di perusahaan Jepang di Indonesia. Persentase untuk diterima akan cukup tinggi karena ada cukup banyak perusahaan Jepang di Indonesia.

… KLIK UNTUK BACA LEBIH LANJUT →

Posnya Tidak Mudah Anda tahu bahwa Anda bekerja di Jepang, Harus Tahu 5 Hal Penting Ini Muncul Pertama Kali di Lifepal Media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here