Salah satu alasan utama mengapa banyak orang berganti pekerjaan adalah karena gaji atau upah yang lebih tinggi yang ditawarkan di tempat kerja yang baru. Bahkan, tidak sedikit yang mencari pekerjaan ke negara lain, termasuk negara-negara Asia Tenggara.

Sebenarnya adalah hal yang wajar bahwa orang mencari gaji yang besar. Tentu saja, selain mempertimbangkan kemampuan yang mereka miliki, tuntutan hidup juga merupakan dorongan mengapa selalu ada orang yang pergi ke luar negeri untuk mendapatkan kehidupan yang layak.

Untuk memutuskan apakah perusahaan baik-baik saja atau tidak, biasanya informasi upah minimum di negara-negara ini sangat berguna untuk dipertimbangkan.

Nah, jika Anda adalah orang yang ingin bekerja di negara-negara Asia Tenggara untuk mengubah nasib Anda lebih cepat, periksa terlebih dahulu daftar upah minimum di masing-masing negara berikut.

1. Singapura

Singapura (Shutterstock)
Singapura (Shutterstock)

Pemerintah Singapura dikenal karena tidak pernah membuat ketentuan mengenai aturan upah minimum. Namun, ada beberapa pekerjaan yang gajinya telah ditentukan dan keputusannya tidak dapat diganggu gugat.

Masalahnya adalah bahwa ketentuan upah di Singapura diajukan berdasarkan sistem yang berlaku. Mulai dari permintaan pasar, keterampilan, kemampuan, hingga kompetensi untuk melaksanakan tugas. Di Singapura, gaji rata-rata yang diterima karyawan per bulan sekitar 4,061 dolar Singapura atau Rp44 juta.

Nilai gaji sangat besar sehingga ternyata berbanding lurus dengan biaya hidup yang tinggi di Singapura. Ambil contoh air mineral. Jika Anda membeli air mineral dalam kemasan 330 mililiter di Indonesia dengan harga Rp. 3.600, di Singapura Anda harus merogoh kocek Rp 13 ribu.

2. Brunei Darussalam

Brunei Darussalam
Brunei Darussalam (Shutterstock)

Selain Singapura, negara ASEAN ini juga tidak menetapkan upah minimum. Soal gaji, jangan khawatir. Tentunya Anda jika Anda bekerja di sini akan mendapat gaji yang layak.

Orang yang bekerja di Singapura akan mendapatkan gaji rata-rata 1.989 Brunei Darussalam per bulan. Jika dikonversikan jumlahnya mencapai Rp 21 juta.

Tapi, biaya hidup di sana terbilang mahal. Dibandingkan dengan Indonesia, Brunei jelas lebih mahal. Ambil contoh harga beras per kilogram ada yang termurah di Brunei 1,90 dolar atau Rp. 20 ribu. Di Indonesia harga beras termurah sekitar Rp 12 ribu.

… KLIK UNTUK BACA LEBIH LANJUT →

Pos tergoda untuk Bekerja di Negara-Negara Asia Tenggara? Cek Pertama Upah Minimum muncul pertama kali di Lifepal Media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here