Memulai pekerjaan sampingan saat pensiun? Kenapa tidak? Ini bisa menjadi penghasilan tambahan, mengingat bahwa selama pensiun kita tidak lagi mendapatkan gaji bulanan. Nikmati saja hari tua dengan sisa-sisa tabungan dan manfaat yang diterima dari perusahaan.

Sebaliknya, mulai dari sisi ketika pensiun adalah pilihan yang tepat. Anda akan mendapatkan segudang manfaat, seperti menjaga produktivitas, mengasah otak agar tetap bugar, memperluas jejaring sosial, dan tentu saja mengisi pundi-pundi Rupiah.

Selain itu, Anda dapat memiliki banyak waktu untuk fokus melakukan pekerjaan sampingan ini tanpa terganggu oleh pekerjaan utama.

Jadi, apa yang harus saya lakukan untuk berhasil menjalankan pekerjaan sampingan ketika memasuki masa pensiun?

Baca juga: Ingin menjadi pensiunan dengan banyak uang? Jangan Abaikan 4 Hal Ini

Memanfaatkan keahlian yang dimiliki dalam dunia kerja

pensiunan pekerjaan sampingan
Ilustrasi seorang pensiunan yang membuka bisnis alat musik. (Shutterstock (

Anda telah menjalani berbagai pengalaman kerja selama puluhan, bahkan puluhan tahun. Ini tentu saja juga membantu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan Anda di bidang yang mereka ikuti.

Saat memasuki masa pensiun, secara otomatis Anda tidak akan menggunakan keterampilan ini lagi di dunia kerja. Tapi, Anda bisa menjadikan keahlian yang Anda miliki sebagai ladang penghasilan di usia tua.

Misalnya, jika Anda seorang jurnalis yang memiliki kemahiran berbahasa Inggris di tingkat profesional, Anda dapat membuka layanan penerjemah atau penulis lepas untuk media luar.

Baca juga: Jangan menyesal! Sebelum Pensiun, Lakukan Ini Penting Dahulu

Lebih baik mengikuti masalah di komunitas daripada gairah

pensiunan pekerjaan sampingan
Ilustrasi bisnis makanan sehat. (Shutterstock)

Tidak ada salahnya membuat gairah sebagai pekerjaan sampingan, tetapi jika tujuan Anda adalah menemukan pundi-pundi, tampaknya kurang tepat untuk diandalkan gairah. Karena tidak semua orang suka dan membutuhkan sesuatu gairah bahwa kamu hidup.

… KLIK UNTUK BACA LEBIH LANJUT →

Pos Samping Berfungsi Saat Pensiun? Kenapa tidak? Berikut adalah tips untuk Sukses yang pertama kali muncul di Lifepal Media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here