Menjadi lulusan baru atau lulusan baru akan selalu ingin mendapatkan pekerjaan impian, sebelum mendapatkan pekerjaan pertamanya, lulusan baru akan memikirkan banyak pertimbangan dalam mencari pekerjaan mulai dari jurusan, dekat dengan domisili, hingga gaji nominal yang ditawarkan oleh perusahaan.

Namun, sebagai lulusan baru, masih ada kekurangan pengalaman, tidak memiliki kenalan atau jejaring yang luas, dan tentunya akan ditawari pekerjaan di posisi entry level. Posisi ini memang disediakan oleh banyak perusahaan untuk calon karyawan sebagai lulusan baru, kurang pengalaman tetapi memiliki potensi tinggi.

Bagi karyawan atau karyawan yang memulai dari posisi terendah atau entry level memang tidak mudah dan banyak tantangan, mulai dari memahami alur kerja, budaya perusahaan, mengenal kerabat, tetapi memiliki serangkaian manfaat yang berdampak pada perkembangan dan jalur karir di masa depan.

Berikut ini adalah serangkaian keuntungan dan manfaat ketika mulai bekerja di posisi entry level atau menjadi lulusan baru.

1. Pengalaman Kerja

Dua karyawan baru sebuah perusahaan (Shutterstock).
Dua karyawan baru sebuah perusahaan (Shutterstock).

Dalam dunia karir dan dunia kerja, hal yang sangat penting adalah membangun pengalaman kerja, karena dengan pengalaman kerja hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan, kompetensi, dan juga keahlian juga akan meningkat.

Meski memiliki pengalaman minimal, tetapi jika Anda memiliki antusiasme, etos kerja, dan tanggung jawab tinggi maka perusahaan atau perusahaan akan memberikan penilaian positif. Dengan memulai pekerjaan pertama yang pasti saat yang tepat dalam hal pengalaman kerja, ini bisa menjadi nilai tambah bagi curriculum vitae (CV) yang dapat memberikan daya saing di masa depan.

Tidak hanya itu, pengalaman kerja juga penting untuk membangun karakter seseorang untuk menjadi orang yang lebih profesional, seperti disiplin, rasa hormat terhadap waktu, dan juga mengenal dunia kerja dengan baik.

2. Memahami Lingkungan Kerja

Lingkungan kerja (Shutterstock).
Lingkungan kerja (Shutterstock).

Ketika Anda memiliki pekerjaan tetapi pada posisi entry level, jangan pernah merasa rendah diri, karena dengan ini Anda dapat belajar tentang dan bagaimana perusahaan bekerja dengan baik dan benar yang tidak ada dalam buku. Sebab, dalam aktivitas kerja biasanya mendapat pengalaman, dan pelajaran baru yang bagus dari atasan kerja, rekan kerja, hingga masalah di tempat kerja.

Tidak hanya itu, ketika menjadi karyawan baru di posisi entry level, hal yang dapat dipelajari dengan baik adalah tentang pendelegasian pekerjaan, tugas dan fungsi utama pekerjaan yang dilakukan, untuk memahami berbagai istilah yang belum pernah dipahami atau dipahami sebelumnya, dengan ini lebih maju dan berkembang dalam karir.

3. Tekanan Kerja Lebih Rendah

Karyawan baru (Shutterstock).
Karyawan baru (Shutterstock).

Jika dibandingkan dengan posisi supervisor atau manajer, bekerja di posisi entry level juga memiliki kelebihan dalam hal tekanan kerja yang lebih rendah, karena bila dibandingkan dengan mereka yang memiliki banyak pengalaman, karyawan entry level memiliki tekanan lebih rendah.

… KLIK UNTUK BACA LEBIH LANJUT →

Postingan Jangan Pekerjaan di Posisi Level Entri Perusahaan, Seri Manfaat ini muncul pertama kali di Lifepal Media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here