Setiap kali Anda melewati proses lamaran kerja sampai Anda mendapatkan sesi pemanggilan, hal yang tidak pernah tertinggal adalah proses wawancara kerja wawancara.

Pada tahap ini, perekrut atau perusahaan biasanya ingin menggali lebih dalam tentang informasi data pribadi, pengalaman kerja, pengalaman organisasi, hingga keahlian calon karyawan.

Tidak mengherankan, banyak perusahaan menjalani proses wawancara kerja dengan calon karyawan. Namun, bagi calon karyawan terkadang menghadapi proses wawancara tidak mudah dan cukup menakutkan bagi sebagian orang.

Bukan tanpa alasan, tidak jarang perusahaan atau perekrut yang memberikan panggilan atau berita untuk sesi ini wawancara hanya satu hari sebelum hari implementasi.

Kondisi ini membuat calon karyawan gugup dan tegang, walaupun ada perusahaan yang memberikan waktu kepada calon karyawan untuk memilih hari dan jam melakukan wawancara kerja.

Tidak hanya mereka mendapatkan berita terbaik, calon karyawan juga dibuat pusing karena mereka harus mempersiapkan diri dalam waktu singkat untuk menghadapi wawancara kerja.

Calon karyawan perlu memperdalam informasi dengan jelas, benar, dan akurat tentang perusahaan yang menyebutnya. Hal ini dilakukan agar calon karyawan dapat menjawab semua pertanyaan yang diajukan selama wawancara kerja.

Tidak hanya itu, terkadang calon karyawan yang sudah menjalani proses wawancara dan mengalami kegagalan, maka kecemasan juga akan tercetak dalam pikiran.

Alasannya, akan selalu terbayang bagaimana proses tersebut telah dilakukan sebelumnya, dan takut mengalami kegagalan yang sama.

Secara psikologis

Lalu, dari sisi psikologis juga ada glossophobia, nama medis yang diberikan pada suatu kondisi yang membuat seseorang mengalami ketakutan ketika mereka harus berbicara di depan umum.

… KLIK UNTUK BACA LEBIH LANJUT →

Posnya Jangan bingung! Inilah Cara Mudah Mengatasi Rasa Takut Saat Wawancara Kerja muncul pertama kali di Lifepal Media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here