Ada banyak efek pengangguran, terutama efek negatif yang akan dirasakan oleh setiap individu. Berbagai dampak pengangguran bersifat psikologis dan sosial.

Tidak bisa dipungkiri, pengangguran adalah masalah yang sulit diatasi. Meskipun setiap periode pemerintah berhasil mengurangi jumlah secara nasional. Tapi, mereka masih sulit diberantas sepenuhnya.

Penyebab umum pengangguran adalah kurangnya pekerjaan, dan kurangnya pekerja terampil. Bagi individu, pengangguran juga disebabkan oleh kurangnya kompetensi yang mereka miliki. Misalnya, mereka yang berpendidikan rendah sangat sulit untuk menembus lapangan kerja di kota-kota besar.

Pengangguran dan dampak negatif dari pengangguran

dampak pengangguran
dampak pengangguran

Di Indonesia, pengangguran masih menjadi masalah utama yang membebani pembangunan. Adanya pengangguran akan mengakibatkan penurunan produktivitas masyarakat dan pendapatan akan berkurang. Akibatnya, masalah sosial akan sering terjadi.

Tingkat pengangguran juga dapat digunakan sebagai indikator oleh pelaku pasar valuta asing untuk menganalisis apakah ekonomi suatu negara sehat atau tidak. Jika pengangguran rendah, itu berarti ekonomi sehat dan sebaliknya.

Beberapa dampak negatif dari pengangguran adalah:

Penurunan pendapatan masyarakat

Karena pendapatan menurun, akibatnya permintaan untuk jumlah barang dan jasa juga menurun. Ini berarti bahwa secara umum, perekonomian negara ini juga turun.

Penurunan tingkat investasi modal

Investasi adalah bagian dari Produk Domestik Bruto (PDB). Artinya, semakin menganggur, PDB yang dihasilkan juga akan turun.

Tingkat keterampilan masyarakat yang menurun

Pengangguran berarti tidak ada lagi pekerjaan rutin. Dikhawatirkan pengangguran yang frustrasi akan dengan cepat kehilangan keterampilan yang sudah mereka miliki.

Dampak pengangguran karena Covid-19

Peningkatan pengangguran karena pandemi Covid-19 (korona) di sejumlah negara, termasuk Indonesia, telah banyak dilaporkan di media.

… KLIK UNTUK BACA LEBIH LANJUT →

Posting menjadi Corona Pengangguran, 6 Dampak ini Mengintai muncul pertama kali di Lifepal Media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here