Siapa yang mau mendapat gaji pas-pasan? Kebanyakan orang tentu ingin memiliki gaji besar sehingga semua kebutuhan terpenuhi dengan baik.

Ya, tidak dapat dipungkiri bahwa gaji yang nyaris membuat Anda harus berpikir panjang jika Anda ingin membeli sesuatu atau melakukan sesuatu. Apalagi jika harus merogoh kocek besar.

Selain itu, banyak orang berpendapat bahwa gaji yang kecil tidak memerlukan manajemen keuangan yang baik. Lagipula bisa memenuhi kebutuhan bersyukur. Jadi tidak muluk membuat posting dari segalanya.

Pendapat ini tentu saja sangat salah. Alasannya, bahkan gaji yang terbatas membutuhkan strategi yang lebih tepat dalam mengelola pengeluaran sehingga mereka dapat menyisihkan uang untuk ditabung, bahkan berinvestasi.

Namun, kuncinya hanya satu, yaitu disiplin saat mengelola keuangan. Karena benar-benar tidak ada ruginya jika Anda mengelola keuangan Anda dengan bijaksana bahkan jika Anda hampir tidak mendapatkan gaji. Sayangnya, mengatur gaji minimum tidak mudah.

Tapi, tidak perlu khawatir karena saat ini Lifepal ingin memberikan beberapa cara untuk mengelola uang yang tepat untuk Anda yang memiliki gaji kecil. Di sini, antara lain.

1. Langsung membayar apa pun kewajiban Anda

Pertama dan terpenting adalah membayar semua kewajiban Anda. Kewajiban di sini termasuk jika Anda harus membayar sewa untuk asrama atau rumah, pembayaran hipotek, membayar listrik, air, jadi jika Anda harus membayar hutang.

Semua item pengeluaran harus diselesaikan terlebih dahulu sebelum Anda memikirkan pengeluaran lain, apalagi investasi.

Selain itu, bagi Anda yang sudah mampu secara finansial, perlu juga membayar zakat. Tapi, ingat, harta zakat ini hanya untuk mereka yang asetnya telah menyentuh Nisab alias dianggap mampu. Bagi yang gajinya biasa-biasa saja, tentu saja lega.

Nisab adalah ukuran atau batas terendah properti kami. Orang yang propertinya telah mencapai batas nisab ini, maka ia harus menerbitkan properti.

… KLIK UNTUK BACA LEBIH LANJUT →

Pos Gaji Anda biasa-biasa saja? Inilah cara mengaturnya selama sebulan! muncul pertama di Lifepal Media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here