Donny Andy Saragih dibatalkan menjadi Direktur Pelaksana (Managing Director) PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Senin (27/1/2019) karena ia dinyatakan bersalah atas kasus penipuan.

Keputusan tersebut diambil melalui mekanisme keputusan pemegang saham di luar Rapat Umum Pemegang Saham PT Transjakarta mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

"Pembatalan ini dilakukan karena Donny Saragih, yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (2017-2022), terbukti telah melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan minatnya dalam mengikuti proses seleksi sebagai direktur BUMD , "membaca pernyataan resmi dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Jakarta.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Peraturan Gubernur Nomor 5 Tahun 2018 tentang Prosedur Pengangkatan Direktur, setiap calon direktur harus mengikuti Tes Kompetensi dan Keahlian dan harus terbukti "Kompeten dalam Bertindak Hukum" dengan membuat Pernyataan Kompeten dalam Perbuatan Hukum.

Meskipun mereka telah berpartisipasi dalam Uji Kompetensi dan Keahlian dan lulus posisi direktur di BUMD Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, pernyataan yang ditandatangani oleh pihak-pihak terkait yang tidak pernah dihukum (butir 2 Deklarasi) tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya.

Untuk alasan ini, Ombudsman saat ini sedang mengeksplorasi dokumen-dokumen penipuan. Ombudsman juga akan berkoordinasi dengan Pengadilan Tinggi dan Kantor Kejaksaan Tinggi.

Meskipun, Donny sudah jatuh tempo diangkat sebagai Direktur Utama menggantikan Agung Wicaksono yang mengundurkan diri, beberapa waktu lalu.

Donny pernah terpilih sebagai Direktur Pelaksana Transjakarta karena ia dianggap memiliki pengalaman dan track record yang baik di dunia transportasi, terutama di wilayah DKI Jakarta.

Pembatalan Donny Saragih sebagai Direktur Utama PT TransJakarta mengungkapkan fakta tentang dirinya. Berikut ini fakta-faktanya:

Pernah menjadi Direktur Operasi PT Eka Sari Lorena

Bus Lorena
Pernah menjadi Direktur Operasi PT Eka Sari Lorena

Pria kelahiran Tanjung Karang, Kota Bandar Lampung tahun 1972 ini sempat mengisi posisi strategis di beberapa perusahaan transportasi.

… KLIK UNTUK BACA LEBIH LANJUT →

Pos Fakta Donny Andy Saragih yang Membatalkan Menjadi Managing Director Transjakarta muncul pertama kali di Lifepal Media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here