Untuk memiliki rumah, Anda dapat membelinya secara tunai dan kredit. Selain dua metode ini, ada opsi lain yang dapat Anda pertimbangkan, yaitu lelang rumah yang diambil alih bank. Apa itu lelang rumah yang disita bank dan bagaimana Anda membelinya?

Lelang rumah yang disita bank adalah rumah pelanggan KPR yang gagal membayar cicilan. Seorang debitur yang menemukan kredit macet akan disita oleh bank, kemudian akan dilelang untuk dijual nanti. Kemudian, setimpal bukankah itu untuk dibeli?

Rumah lelang bank yang disita memang cukup menggoda. Selain karena bangunannya sudah jadi, harganya juga relatif lebih murah daripada rumah baru. Meski begitu, ada sejumlah prosedur yang harus Anda lalui ketika ingin membeli rumah ini.

Bagi Anda yang tertarik ingin membeli rumah lelang yang disita bank yang diposting di situs bank atau Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan, ketahui tujuh hal berikut lengkap dengan plus dan minus:

Survei

Setelah mengetahui rumah yang ingin Anda beli, maka lakukan survei terlebih dahulu. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan yaitu survei on line dan survei fisik.

Ketika Anda telah disurvei on line seperti memeriksa situs bank yang menawarkan rumah lelang tetapi masih belum puas, Anda mungkin benar-benar perlu disurvei secara fisik.

Pergi ke rumahnya, dan periksa juga lingkungannya. Tidak sedikit rumah lelang yang kondisinya sudah mengkhawatirkan. Jika benar-benar bobrok, tentu saja biaya yang Anda habiskan untuk perbaikan tidak kecil.

Daftarkan diri Anda

Jika Anda tidak dapat melelang langsung dengan pemilik rumah atau bank yang menyita, lakukan saja lelang tersebut on line. Mendaftar di situs web Direktorat Jenderal Kekayaan Negara untuk ikut serta dalam pelelangan.

Mudah, pertama Anda hanya perlu mendaftarkan nama dan email Anda. Mereka akan memberikan kode aktivasi ke email. Setelah itu, jangan lupa untuk memasukkan informasi rekening bank Anda, KTP, dan NPWP juga!

Atau, jika Anda melihat rumahnya di situs National Savings Bank (BTN), mereka memiliki fitur yang lebih mudah. Cukup daftarkan diri Anda pada formulir pemesanan, maka mereka akan menindaklanjuti melalui email. Namun pada akhirnya, Anda akan dilewatkan ke balai lelang.

… KLIK UNTUK BACA LEBIH LANJUT →

Posting Beli Rumah Lelang Bank Sita, Tahapan Ini [Plus Untung Rugi] muncul pertama di Lifepal Media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here