Insentif adalah bentuk kompensasi yang diberikan untuk memicu motivasi. Dalam organisasi atau perusahaan, insentif diberikan kepada karyawan (di luar upah bulanan atau gaji) sebagai dorongan untuk lebih antusias di tempat kerja.

Namun, harus dipahami bahwa pemberian uang stimulan (baik bonus maupun penghargaan) tidak hanya menguntungkan karyawan, tetapi juga perusahaan.

Sebagai tujuan utamanya, insentif dapat memotivasi karyawan untuk meningkatkan atau meningkatkan kinerja mereka di perusahaan. Untuk kejelasan, mari pertimbangkan penjelasan berikut.

Tujuan pemberian insentif dalam suatu perusahaan

Memberikan insentif uang

Penjelasan di atas memberikan sedikit gambaran tentang apa yang bekerja untuk insentif. Tujuan utama pemberian stimulan uang adalah jelas, yaitu untuk memotivasi karyawan agar memiliki dampak positif bagi perusahaan.

Secara rinci, berikut ini adalah tujuan pemberian insentif bagi karyawan.

  • Hargai lebih banyak kontribusi yang dibuat oleh karyawan dalam pekerjaan.
  • Meningkatkan etos kerja karyawan.
  • Mendorong peningkatan produktivitas karyawan.
  • Menumbuhkan loyalitas karyawan.
  • Bangun moral karyawan.
  • Naikkan standar hidup karyawan.

Manfaat insentif bagi perusahaan dan karyawan

Jika dilakukan dengan benar, pemberian insentif justru dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, baik karyawan maupun perusahaan.

1. Manfaat bagi karyawan

Penentuan jumlah insentif dapat digunakan sebagai standar untuk kinerja yang adil bagi semua karyawan. Sederhananya, karyawan yang bekerja lebih keras akan mendapatkan penghargaan atau bonus sesuai jika mereka dapat melebihi kualitas dan kuantitas batas beban kerja yang ditentukan. Metode ini juga dapat mengurangi risiko subjektivitas dalam suatu perusahaan.

2. Manfaat bagi perusahaan

Pemberian insentif tidak hanya bertujuan membebani perusahaan. Harus dipahami bahwa pemberian bonus atau hadiah dapat memotivasi karyawan untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik. Itu sebabnya, ini bisa menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan produktivitas perusahaan.

Jenis insentif dan bentuknya

Pelatihan sebagai bentuk insentif

… KLIK UNTUK BACA LEBIH LANJUT →

Pos Apa itu insentif? Definisi, Tujuan, Manfaat, dan Jenis ini muncul pertama kali di Lifepal Media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here