Petunjuk untuk bekerja dari rumah sebagai upaya mencegah penyebaran virus korona (Covid-19) membuat beberapa perusahaan di wilayah Jakarta mulai mengizinkan karyawan mereka untuk bekerja dari jarak jauh alias bekerja dari rumah (WFH).

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta perusahaan swasta di Jakarta menyiapkan protokol kerja jarak jauh atau bekerja dari rumah. Tujuannya adalah mewaspadai penyebaran virus korona jika terus menyebar.

"Untuk dunia bisnis, kami meminta untuk menyiapkan protokol kerja jarak jauh," kata Anies di Balaikota Jakarta, Jumat 13 Maret 2020.

Anies berharap bahwa perusahaan swasta masih harus menyiapkan protokol kerja jarak jauh untuk mengantisipasi skenario terburuk dalam menangani penyebaran virus corona tipe 2 yang menyebabkan covid-19.

Senada dengan Anies, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) juga meminta agar masyarakat melakukan kegiatan di dalam negeri, termasuk WFH, terkait dengan meningkatnya jumlah pasien positif korona.

"Saya harap semua orang Indonesia tenang, produktif, sehingga penyebaran Covid-19 dapat terhalang dan kita akan berhenti. Dengan kondisi ini, saatnya kita bekerja dari rumah, belajar dari rumah, beribadah di rumah , "Kata Jokowi dalam konferensi pers, Minggu, 15 Maret 2020.

Sudah mulai hari ini

Dengan penerapan kebijakan pemerintah, banyak pegawai swasta dan beberapa pegawai negeri sipil (ASN) telah bekerja dari rumah hingga hari ini, Senin (16/3/2020).

Ada yang mengikuti kebijakan pemerintah, yaitu dari Senin (16/3/2020) hingga Jumat 28 Maret 2020. Tapi, ada juga yang memberlakukan pekerjaan dari rumah selama tiga atau empat hari untuk minggu depan.

Ada juga yang menerapkan sistem ini secara bergiliran, di mana pada minggu pertama beberapa divisi bekerja dari rumah, sementara divisi lain masuk. Begitu pula sebaliknya.

Meski begitu, ada juga karyawan swasta dan ASN yang masih bekerja ke kantor dan tidak menjalani WFH alias bekerja dengan sistem kerja jarak jauh.

… KLIK UNTUK BACA LEBIH LANJUT →

Posting Alert Corona, Karyawan Bekerja dari Rumah! Here Are Tips To Keep Earning muncul pertama kali di Lifepal Media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here