Nama Martin Luther King pada 1950-1960-an sangat terkenal di Amerika Serikat. Dia adalah seorang aktivis yang sangat menentang diskriminasi terhadap komunitas kulit hitam di AS pada saat itu.

Dedikasinya dalam memperjuangkan gerakan hak-hak sipil telah membangkitkan semangat kesetaraan bagi orang kulit hitam dan kulit putih. Aktingnya yang paling terkenal adalah pidatonya selama 17 menit di tangga aula Lincoln Memorial berjudul "I Have A Dream."

Tetapi tidak hanya kesetaraan rasial digemakan oleh Raja, ia juga memberikan banyak pelajaran keuangan dalam setiap tindakannya. Apa yang Anda pikirkan?

1. Jangan serakah!

Martin Luther King (Shutterstock).
Martin Luther K (Shutterstock).

"Godaan untuk menyembah uang adalah godaan yang kita semua hadapi. Untuk memblokirnya kita harus berada di tingkat tertinggi."

Kutipan di atas adalah salah satu bagiannya pada tahun 1953 yang pada saat itu mengkritik sikap manusia yang terlalu mendewakan uang di atas segalanya. Setidaknya ada tiga konsekuensi yang bisa dialami manusia jika mereka mendewakan uang terlalu banyak.

Pertama, orang akan menyibukkan diri dalam mengejar uang, sementara kehidupan lain akan terganggu. Kedua, ketika orang mulai mengejar materi, tindak pidana berpotensi muncul, seperti perampokan, penculikan, dan lainnya. Akhirnya, sosialisme seseorang akan terkikis perlahan karena terlalu serakah.

2. Hidup bukan kompetisi!

Martin Luther King (Shutterstock).
Martin Luther K (Shutterstock).

"Dan di hati kita semua, ada naluri. Keinginan untuk berada di garis depan dan keinginan untuk menjadi pemimpin, dan keinginan untuk menjadi yang pertama."

Ceramah di atas dilakukan pada tahun 1968. Dari sana, ia menekankan bahwa manusia memiliki sikap untuk selalu lebih unggul dari manusia lain. Untuk unggul, mereka rela mengeluarkan lebih banyak uang untuk menjadi yang terbaik dari orang lain, misalnya membeli mobil baru, rumah bagus dan besar, dan sebagainya.

Padahal ada hal terpenting yang harus mereka lakukan daripada bersaing, yaitu mempersiapkan masa depan sebaik mungkin.

3. Ada kemuliaan di setiap pekerjaan

Martin Luther King (Shutterstock).
Martin Luther K (Shutterstock).

"Tidak ada pekerjaan khusus. Semua pekerjaan yang menjunjung tinggi umat manusia memiliki kemuliaan, dan harus dilakukan dengan hati-hati."

… KLIK UNTUK BACA LEBIH LANJUT →

Posting 5 Pelajaran Keuangan dari Pejuang Hak Sipil Martin Luther King muncul pertama kali di Lifepal Media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here