Latest News

Istilah istilah dalam dunia blogging yang wajib diketahui oleh blogger

Dalam dunia blogging ada istilah yang harus dipahami terutama untuk Anda sebagai blogger. Mengapa..? karena jika Anda mengejar dunia blogging Anda akan sering menemukan istilah di dunia blogging.

Berikut adalah beberapa istilah populer di dunia blogging.

Istilah istilah dalam dunia blogging yang harus diketahui oleh blogger

# 1. Blogger

Blogger adalah istilah yang digunakan untuk orang yang memiliki blog dan secara aktif menjalankan blog mereka. Para blogger ini juga mengisi blog mereka dengan konten / artikel yang berisi informasi bermanfaat bagi pembaca blog mereka.

# 2. Blog

Blog adalah singkatan Log Situs Web yang dapat diartikan sebagai situs yang berisi artikel artikel yang dibuat oleh pemilik situs untuk memberikan informasi kepada pembaca.

Blog biasanya berisi pengalaman pribadi dari blogger sendiri yang ditulis untuk dibagikan secara umum dan juga dapat berisi informasi berdasarkan informasi Ceruk topik tertentu.

# 3. Ceruk

Ceruk Blog berarti blog yang hanya menargetkan 1 topik yang dibahas di blognya. Ceruk blog dapat bervariasi tergantung pada topik target yang dibahas oleh blogger seperti Ceruk blog tentang bisnis, kesehatan, kecantikan, dll.

# 4. Domain

Domain dapat diartikan sebagai nama yang diberikan ke situs Anda dan digunakan untuk mengidentifikasi situs sehingga pengunjung dapat dengan mudah menemukan alamat situs tersebut. Sepertinya domain adalah alamat rumah, jadi alamat itu hanya Anda yang memilikinya.

Saat membuat nama domain "contoh: bloganda.com" maka Anda adalah satu-satunya pemilik situs dengan nama itu sehingga ini membuat pencari situs dengan mudah menemukan situs Anda hanya dengan mengetikkan nama situs tersebut.

# 5. Hosting

Hosting adalah tempat untuk menyimpan file dan data untuk situs Anda, jadi jika dibandingkan dengan hosting, ini adalah rumah. Hosting dibagi menjadi 2, yaitu hosting gratis dan hosting berbayar.

Perbedaannya adalah bahwa jika kita memilih hosting berbayar maka tentu saja ada banyak keuntungan seperti fitur yang lebih lengkap, ada kemudahan dalam mengelola ruang iklan dan tingkat keamanan yang lebih tinggi. Sedangkan jika Anda memilih hosting gratis Anda tidak dapat menentukan ruang iklan yang Anda inginkan, menurunkan tingkat keamanan dan akses lebih lambat.

# 6. Lalu Lintas

Dalam dunia blogging, traffic dapat diartikan sebagai jumlah pengunjung ke situs / situs web. Dalam dunia blog traffic sangat penting karena itulah tujuan para blogger untuk membuat blog mereka.

Lalu lintas dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:

  • Lalu Lintas yang Benar, adalah lalu lintas yang datang ke situs tanpa perantara, yang berarti mereka secara langsung mengetik alamat situs di browser. Biasanya Lalu Lintas yang Benar ini adalah pengunjung setia dari blog Anda.
  • Lalu Lintas Organik, adalah lalu lintas yang menemukan situs web di mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo. Lalu lintas jenis ini biasanya merupakan kontributor terbesar bagi pengunjung ke situs web asalkan situs web memiliki posisi yang baik di mesin pencari.
  • Lalu Lintas Rujukan, Jenis lalu lintas ini membawa pengunjung ke situs web dari media sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus dan juga dari bookmark sosial. Lalu Lintas Reffereal juga dibagi menjadi dua, yaitu berbayar dan gratis.

# 7. Komentar spam

Kemungkinan besar Anda telah menerima komentar di situs Anda dengan fitur-fitur berikut:

  • Komentar yang tidak sesuai dan tidak relevan dengan konten artikel yang Anda tampilkan
  • Komentar tersebut berisi tautan ke situs tertentu (biasanya ke situs dengan kualitas lebih rendah)
  • Komentar tentang promosi suatu produk atau layanan

Sekarang jenis komentar ini dapat diartikan sebagai komentar spam dan sayangnya itu dapat mempengaruhi situs yang spam dan juga situs yang diberi komentar spam atau efeknya dapat merugikan kedua belah pihak dan oleh karena itu komentar spam tidak dianjurkan untuk dilakukan.

# 8. Anchor Text

Sederhananya Jangkar Teks adalah tautan langsung yang ketika diklik dapat mengirim Anda ke halaman lain atau ke situs tertentu.

# 9. Backlink

Tautan balik dalam artian bahwa backlink adalah tautan yang ada di situs yang bisa mengantarkan ke situs lain atau sekadar backlink adalah hubungan antara satu situs dan situs lain.

# 10. Kata kunci

Kata kunci adalah kata kunci yang diketik oleh pencari informasi ke mesin pencari untuk menemukan informasi yang diinginkan pencari informasi.

Dan tahukah Anda bahwa kata kunci juga dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:

  • Kata Kunci Ekor Pendek, atau kata kunci yang hanya terdiri dari 1 atau 2 suku kata seperti: Rumah Murah, Beli Rumah, Harga Rumah, dll.
  • Kata kunci Long Tail, atau kata kunci yang terdiri dari lebih dari 2 suku kata seperti: Beli Rumah Murah di Wilayah Jakarta Selatan, Harga untuk Rumah Minimalis di Bandung, dan lainnya.

# 11. Bookmarking Sosial

Bookmark sosial dapat diartikan sebagai situs atau wadah di mana pengguna internet dapat berbagi, menandai, dan menyimpan alamat situs yang dianggap menarik atau penting. Di tempat bookmark sosial ada ribuan situs yang di-bookmark setiap hari.

Berikut ini beberapa bookmark sosial populer:

  • Lezat
  • Digg
  • Pinterest

# 12. SEO

SEO (Search Engine Optimization) atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai optimasi mesin pencari berarti semua upaya dilakukan untuk meningkatkan peringkat dan popularitas situs di mata mesin pencari (Google, Yahoo, Bing).

Dalam penggunaannya SEO juga dibagi dua, yaitu White Hat SEO dan Black Hat SEO

# 13. White hat SEO

White Hat SEO adalah teknik SEO untuk meningkatkan popularitas dan peringkat situs pada mesin pencari menggunakan metode yang direkomendasikan oleh mesin pencari.

Beberapa teknik White Hat SEO adalah:

  • Buat konten berkualitas
  • Optimasi kata kunci
  • Apakah membangun tautan

# 14. Black Hat SEO

Black Hat SEO adalah teknik untuk meningkatkan popularitas dan peringkat situs di mesin pencari tetapi dengan menggunakan metode yang tidak direkomendasikan oleh mesin pencari dan teknik ini dapat mempengaruhi situs yang Anda optimalkan.

Beberapa teknik Black Hat Seo adalah:

  • Spamming
  • Tautan tidak terlihat
  • Isi kata kunci

# 15. Berlangganan

Pengunjung setia ke blog atau situs yang selalu mendapat pemberitahuan saat situs berlangganan menerbitkan konten terbaru. Pemberitahuan ini bisa dalam bentuk berlangganan melalui email dan berlangganan melalui RSS.

# 16. Pagerank

Pagerank adalah algoritma untuk menentukan situs mana yang lebih populer dan berkualitas di mata mesin pencari, terutama Google. Ini karena Pagerank dibuat oleh pendiri Google sendiri, Larry Page dan Sergey Brin

# 17. Alexa Rank

Alexa Rank adalah penghitungan peringkat dan kualitas situs berdasarkan jumlah lalu lintas yang dibuat oleh alexa.com di mana situs tersebut merupakan anak perusahaan dari amazon.com.

Dalam menghitung Alexa Rank jika semakin kecil skor Anda, semakin baik atau populer situs yang Anda miliki.

# 18. Blogwalking

Blogwalking adalah kegiatan saling mengunjungi di situs antara satu blogger dan blogger lain. Blogwalking sendiri memiliki banyak manfaat positif bagi blogger, termasuk:

  • Tambahkan teman di antara blogger
  • Dapatkan pengunjung tambahan
  • Fasilitas untuk promosi
  • Dapatkan inspirasi dari blogger lain.

Baca juga artikel artikel menarik tentang bisnis online berikut:

  • 6 pola pikir yang harus Anda miliki agar bisnis online Anda lebih cepat sukses
  • 7 kesalahan blogger pemula yang harus Anda hindari
  • Lakukan tahap ini untuk mendapatkan uang dari kegiatan blogging

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top