asuransi-kesehatan_1
asuransi-kesehatan_1
Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa Berbeda

KERJA SAMPINGAN – Asuransi kesehatan dan asuransi jiwa membuat seseorang bingung ketika ditanya. Tidak sedikit orang berpikir bahwa kedua asuransi itu sama. Memiliki asuransi kesehatan belum tentu memiliki asuransi jiwa. Dan sebaliknya. Keduanya berbeda jenis asuransi. Nah, jika Anda berniat untuk mengambil program asuransi, pertama-tama ketahui perbedaan dalam asuransi kesehatan dan asuransi jiwa sehingga Anda tidak memilihnya dengan salah.

Asuransi Kesehatan

Manfaat yang Disediakan

Asuransi kesehatan adalah jaminan keuangan yang diberikan kepada pemegang polis yang berkaitan dengan kondisi medis jika pemegang polis mengalami masalah kesehatan. Jaminan ini mencakup biaya kontrol, dokter, obat resep, rawat jalan, dan rawat inap. Langit-langit yang ditawarkan juga berbeda. Manfaat asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi juga tidak sama, karena ada beberapa yang juga menanggung perawatan gigi.

Sedangkan asuransi jiwa adalah jaminan yang diberikan untuk menutupi kerugian yang terjadi jika terjadi sesuatu yang tidak terduga, seperti ketika pemegang polis mengalami kecelakaan hingga meninggal dunia. Kerugian di sini berarti kerugian finansial. Jadi, asuransi akan memberikan jaminan sesuai dengan potensi kerugian yang diderita oleh pemegang polis. Penerima manfaat ini adalah keluarga yang tertinggal. Misalnya, jika kepala keluarga meninggal, keluarga yang ditinggalkan akan kehilangan sumber penghasilan, bukan? Di sinilah asuransi jiwa akan memberikan manfaat.

Baca Juga : Asuransi Pendidikan Anak

Prosedur Klaim

Untuk asuransi kesehatan, jika Anda pergi ke rumah sakit yang telah berkolaborasi dengan perusahaan asuransi Anda, Anda biasanya dapat menggunakan sistem cashless. Jadi, Anda hanya perlu membawa kartu asuransi ketika Anda dirawat dan asuransi akan dibayarkan secara otomatis ketika rumah sakit menggesek kartu asuransi. Metode ini jauh lebih praktis daripada sistem penggantian. Biasanya, sistem ini diperlukan ketika Anda tidak dirawat di rumah sakit yang terdaftar di asuransi Anda. Anda harus membayar semua biaya tunai, kemudian mengisi formulir dan menyertakan bukti pembayaran untuk meminta kompensasi dari perusahaan asuransi.

Sedangkan untuk asuransi jiwa, karena mereka yang mendapat manfaat adalah keluarga yang ditinggalkan, maka harus menyertakan beberapa file kelengkapan untuk diserahkan kepada pihak asuransi. File-file tersebut meliputi: sertifikat kematian, sertifikat kecelakaan dari polisi, surat keputusan dokter, sertifikat kematian, dan mengisi formulir. Setelah file lengkap dan formulir diisi, perusahaan asuransi akan memberikan manfaat asuransi sesuai prosedur.

Sekarang, Anda sudah tahu perbedaan antara asuransi kesehatan dan asuransi jiwa, bukan? Keduanya berbeda dalam hal manfaat sehingga Anda dapat memilih apa yang Anda butuhkan. Jika kondisi keuangan Anda memungkinkan, tidak ada salahnya mengambil kedua jenis asuransi, mengingat manfaatnya berbeda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here