Latest News

Apa itu Investasi?

Apa itu investasi?investasi1

Anda harus terbiasa dengan kata investasi. Orang-orang di sekitar Anda bahkan mungkin telah melakukannya. Beberapa berinvestasi di properti, emas, saham, obligasi, dan sebagainya. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan investasi? Dapatkah istilah investasi hanya digunakan jika seseorang melakukannya pada instrumen perbankan dan pasar modal?

Definisi Investasi dari Berbagai Ahli

Istilah investasi sebenarnya dapat merujuk pada banyak hal. Memberikan pelatihan bagi karyawan untuk membuatnya lebih mahir dalam pekerjaan juga bisa disebut sebagai bentuk investasi, tetapi dalam bentuk sains. Untuk alasan ini, perlu digarisbawahi terlebih dahulu bahwa investasi yang akan dibahas di sini terkait dengan aspek ekonomi. Menurut ilmu ekonomi, investasi adalah pengeluaran investor dan perusahaan untuk membeli barang modal dan peralatan produksi untuk meningkatkan kemampuan menghasilkan barang dan jasa yang tersedia dalam ekonomi.

Anda dapat melihat definisi yang lebih sederhana dari kamus versi bahasa Indonesia yang besar on line, bahwa investasi adalah menginvestasikan uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan mendapatkan keuntungan. Definisi ini sejalan dengan apa yang dinyatakan oleh Kamaruddin Ahmad, seorang ekonom Indonesia, bahwa investasi mengacu pada kegiatan penempatan dana dengan harapan mendapatkan tambahan atau manfaat tertentu. Ada juga definisi dari Salim HS dan Budi Sutrisno, yang menyebut investasi sebagai investasi yang dilakukan oleh investor, baik asing maupun domestik, di berbagai bidang bisnis terbuka dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

Dari berbagai definisi yang telah disebutkan, dapat dikatakan bahwa investasi adalah kegiatan investasi atau aset untuk memperoleh manfaat tertentu. Dengan begitu, dana atau aset yang Anda beli atau setor akan memiliki nilai jual yang terus meningkat.

Berinvestasi di Pasar Modal

Ada banyak bentuk investasi yang Anda pilih, salah satu yang paling menguntungkan adalah berinvestasi di pasar modal. Investasi di pasar modal adalah transaksi jual beli efek untuk memperoleh keuntungan dan dividen modal. Pasar modal sendiri merupakan salah satu sumber pembiayaan jangka panjang bagi banyak perusahaan untuk mengembangkan bisnis mereka. Dana yang dikumpulkan di pasar modal dapat berasal dari investor, yang menggunakan pasar modal sebagai tanah untuk berinvestasi dalam aset keuangan.

Tidak hanya itu, pasar modal juga memiliki peran besar bagi perekonomian suatu negara karena dua fungsi yang dijalankan, yaitu fungsi ekonomi dan fungsi keuangan. Fungsi ekonomi mengacu pada penyediaan fasilitas atau kendaraan yang menyatukan dua kepentingan, yaitu mereka yang memiliki kelebihan dana (investor) dan mereka yang membutuhkan dana. Sedangkan, fungsi keuangan terjadi ketika pasar modal memberikan kemungkinan dan peluang untuk keuntungan (kembali) atau pengembalian untuk pemilik dana, sesuai dengan karakteristik produk investasi yang dipilih.

Hal-hal yang perlu diperhatikan

Sebelum berinvestasi di pasar modal, atau bentuk lain, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu. Pertama, tentukan dulu tujuan investasi Anda, misalnya untuk kebutuhan membeli rumah, pensiun, pendidikan, atau yang lainnya. Dengan begitu, Anda akan dapat menentukan periode waktu untuk melakukan investasi, apakah lebih cocok dilakukan dengan periode pendek, menengah, atau panjang.

Kedua, identifikasi profil risiko Anda sendiri. Setidaknya ada tiga profil risiko yang dapat Anda identifikasi, apakah Anda seorang pengambil risiko (pengambil risiko), jangan berani mengambil risiko (menghindari risiko), atau bersedia menerima risiko investasi hanya dalam batas tertentu sehingga keuntungan yang diperoleh tidak begitu tinggi (risiko sedang)?

Lihat dokumen ini di Scribd

Setelah mengenali profil risiko Anda, Anda dapat mempelajari produk investasi yang ada, baik di pasar modal dan di perbankan, seperti reksa dana, sukuk, deposito, saham, dan sebagainya. Jangan hanya belajar, tetapi juga memperhatikan tingkat risiko setiap produk investasi. Jika Anda telah melengkapi diri Anda dengan informasi yang memadai, tentukan batas investasi sesuai dengan kemampuan dan profil risiko Anda sendiri dan pilih strategi yang tepat. Anda dapat meminta bantuan dari mereka yang merasa memiliki keahlian dalam investasi.

Semoga penjelasan di atas dapat membuat Anda lebih memahami investasi. Cari info sebanyak mungkin sebelum memilih bentuk investasi tertentu. Jangan ragu untuk pergi ke bank untuk mengenal berbagai bentuk investasi yang disediakan sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan tujuan dan profil risiko diri Anda. Selamat berinvestasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top